Gaji Pramugari Kereta Api Ini Data Lengkapnya

Terobosan menarik di lakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) belum lama ini. PT. KAI kini melengkapi armada kereta mereka dengan para pramugari berparas cantik untuk kereta kelas ekonomi AC, bisnis ataupun kelas eksekutif. Para pramugari tadi kebanyakan berumur 20 tahun lebih sedikit. Kendati masih belia namun gaji pramugari kereta api take home pay ini bisa mencapai Rp.7 jutaan per bulan.


Gaji pokoknya sendiri sekitar Rp.4 juta dan ditambah tunjangan dan insentif lain yang bila ditotal sekitar Rp.7 juta setiap bulannya. Tugas pramugari kereta ini adalah melayani kebutuhan penumpang selama perjalanan laksana pramugari pesawat terbang. Layanan itu seperti kebutuhan makan dan minum, penanganan penumpang yang sakit, memberikan bantal dan selimut dan juga menjawab pertanyaan dari penumpang. Dalam tiap rangkaian kereta biasanya disediakan 2 pramugari dan 2 pramugara. Para pramugari dan pramugara ini bekerja secara shift untuk tujuan tertentu. KA Jayabaya tujuan Jakarta-Malang pp adalah rangkaian kereta yang sudah menyediakan layanan dari pramugari ini.

Agar bisa menjadi pramugari atau pramugara kereta api maka wajib memenuhi beberapa persyaratan antara lain lulus SMA dan juga mampu berbahasa Inggris dengan baik sebab tidak sedikit penumpang kereta yang merupakan wisatawan mancanegara. Tiap pramugari kereta pun harus lulus dari training yang dilaksanakan di Barak Rinifdam Jaya dengan waktu 2 minggu. Pendidikan untuk calon pramugari dan pramugra yang dilakukan di Rindam Jaya bermanfaat untuk menumbuhkan kedisiplinab, tanggung-jawab dan kepemimpinan sekaligus membangun fisik dn mental dan juga meningkatkan rasa cinta tanah air. Secara lengkap syarat untuk menjadi pramugari kereta api adalah sebagai berikut :

- Lulusan SMA atau sederajat
- Sehat jasmani dan rohani
- Tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan proporsional
- Surat SKCK yang dikeluarkan pihak kepolisian
- Tidak menderita buta warna
- Memiliki penampilan menarik
- Mampu berbahasa Inggris dengan baik (akan menjadi nilai plus)
- Masih single

Pendaftaran untuk menjadi pramugari kereta api ditangani oleh PT.Reska Multi Usaha sebagi salah satu perusahaan yang dimiliki oleh PT.Kereta Api Indonesia yang khusus menangani perbaikan gerbong kereta api. Sebanyak 95 persen saham di PT.RMU dimiliki oleh PT.KAI dan sisanya dimiliki oleh Yayasan Pusaka. Untuk para wanita yang memenuhi syarat-syarat seperti di atas dan tertarik untuk berkarir bersama kereta api bisa mengajukan berkas CV mereka ke PT. Reska Multi Usaha Area 3 Yogyakarta dengan alamat di Jalan Gambir No.3 Baciro Yogyakarta.