Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel, Fungsi NETWORKDAYS

Untuk Anda yang tengah berlatih memakai program Excel, salah satunya penting mengetahui cara menghitung gaji karyawan dengan Excel. Program Excel dari Microsoft Office mempunyai fitur matematika yang bisa digunakan memudahkan penghitungan dan kalkulasi data. Berikut adalah contoh menghitung gaji karyawan dengan Excel. Fungsi yang paling sering dipakai yakni fungsi NETWORKDAYS. Fungsi tersebut sudah disediakan di dalam Excel untuk menghitung kerja per hari selama 5 hari dalam seminggu.


Anda bisa menambahkan hari libur nasional bila memang dibutuhkan. Fungsi Excel lain yang ada baiknya juga harus dipelajari yakni rumus date and time. Hal tersebut disebabkan menghitung gaji karyawan dengan Excel pun sering memakai rumus ini. Ketika menghitung gaji karyawan dengan Excel maka formula yang diketikkan pada kolom yaitu =NETWORKDAYS(start_date;end_date;Holidays). Start date yakni tanggal mulai bekerja sesudah karyawan memperoleh gaji tiap bulannya. Untuk end date yakni tanggal terakhir sebelum karyawan memperoleh gaji yang hendak dibayarkan. Sementara fungsi Holidays yakni sedang Anda hendak menambahkan hari libur yang tak termasuk dalam hari kerja. Hari libur itu mesti selain Sabtu dan Minggu karena keduanya sudah default hari libur di dalam Excel.

Sebagaimana formula Excel kebanyakan, ketika menghitung gaji karyawan dengan Excel Anda cuma perlu mengetikkan nama atau kode kolom pada tiap kalkulasi yang hendak Anda lakukan. Misalnya saja saat Anda menghendaki total gaji seorang karyawan pada akhir masa kerja, caranya di cell tertentu di lokasi Anda menghendaki nomor itu keluar maka bisa Anda ketikkan =NETWORKDAYS (D16;E16;D10). Harus diingat lagi jika kolom atau cell D16 merupakan tanggal mulai kerja. Sementara Cell E16 merupakan tanggal akhir kerja serta cell D10 yakni hari sebagai hari libur nasional.

Sesudah Anda menetapkan wilayah fungsi NETWORKDAYS, hal lain harus dilakukan yakni menambahkan fungsi absolut yaitu dengan simbol $. Fungsi tersebut diletakkan di cell hari libur tambahan. Jika tadinya hari libur tambahan terdapat dalam cell D10, maka penulisan fungsi absolut adalah $D$10. Dengan begitu formulanya berubah jadi =NETWORKDAYS(D16;E16;$D$10). Fungsi absolut berguna sekali jika Anda hendak menghitung gaji karyawan yang begitu banyak. Anda cukup meng-input gaji karyawan per hari kemudian dikalikan hari kerja untuk menghitung total gaji karyawan. Rumus dan fungsi Excel tersebut pun bisa diterapkan untuk penghitungan gaji karyawan di suatu perusahaan.