Mengintip Besarnya Gaji Pegawai LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

muhammad hakum
Kepercayaan nasabah pada institusi perbankan Indonesia adalah kunci utama stabilitas keuangan kuat dari hempasan krisis. Karenanya pemilik bank dan otoritas perbankan wajib bekerja sama meningkatkan kepercayaan masyarakat pada perbankan nasional. Penjaminan semua kewajiban bank atau istilahnya bank guarantee pada masa lalu memang sukses meningkatkan kepercayaan nasabah ketika terjadi krisis moneter berkepanjangan. Akan tetapi penjaminan semua kewajiban bank tadi langsung memberatkan anggaran negara dan memunculkan moral hazard pemilik bank ataupun debitur bank. Owner bank malah tak tergerak menjalankan kegiatan perbankan dengan prinsip prudent, sedangkan nasabah tak memedulikan tingkat kesehatan bank ketika memilih sebuah bank.



Maka itu dibentuklah Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang bertindak sebagai pemberi jaminan keamanan simpanan nasabah yang bertujuan agar bisa menjaga kepercayaan nasabah pada sektor perbankan dan bisa meminimalkan resiko yang akan memberatkan uang negara atau kemungkinan terjadinya moral hazard. Mengingat begitu pentingnya lembaga independen bentukan pemerintah ini maka di dalamnya harus diisi oleh para kandidat yang kompeten, profesional dan berdedikasi tinggi terhadap tugas.

Bagi anda yang tertarik untuk berkarir di lembaga pemerintah yang satu ini bisa mengecek ketersediaan lowongan dengan mengakses laman http://lps.asi-rekrutmen.com/lps_intro/. Di sana banyak lowongan kerja LPS yang tersedia mulai dari Executive, kepala divisi dan pelaksana. Untuk Pelaksana sejumlah posisi terbuka untuk dimasuki yaitu : Spesialis MIS SDM, Spesialis Investasi, Pengembangan Organisasi dan Risiko Strategis, Forensik Digital dan Manajemen Data, Investigasi, Analisis Resolusi Bank, Pengembangan SOP, Monitoring dan Evaluasi SOP, Dukungan Aplikasi Sistem Informasi, Dukungan Pelayanan Operasional, Pengadaan, Likuidasi Bank, Administrasi & Informasi Penanganan Klaim, Akuntansi dan Anggaran, Internal Auditor, Syariah & Riset, Manajemen Risiko dan Peraturan.

Cuma mereka yang mempunyai kualifikasi terbaik yang akan dihubungi untuk diikutkan pada prosedur penerimaan berikutnya. LPS  tak membebankan biaya apapun menyangkut rekrutmen ini. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para kandidat yang ingin bekerja di LPS antara lain : berkompeten di bidangnya dan memiliki pengalaman kerja sesuai bidang yang dilamar, lulus dari PTN atau PTS terkemuka dengan IPK minimal 3 dan umur tak melebihi ketentuan sesuai posisi yang dilamar. Beberapa tes yang harus dilalui pelamar mulai dari psikotes secara online, wawancara tatap muka, tes kepribadian, wawancara tertulis dan tes kemampuan ulang.

Bidang tugas yang begitu penting, gaji pegawai LPS sudah pasti cukup memuaskan. Di samping itu mereka pun akan mendapatkan berbagai fasilitas dan tunjangan untuk kesejahteraan kehidupan. Misalnya saja untuk yang baru masuk dan diterima pada posisi Junior staff akan mendapatkan gaji berkisar Rp.6 juta hingga Rp.8 juta per bulan. Dalam setahun seluruh pegawai LPS akan mendapatkan hingga 22 kali gaji dimana 8 kali di antaranya berasal dari bonus.