Jumat, 06 April 2018

Mengetahui Gaji Pegawai PLN Lulusan SMA

Gaji pegawai PLN bila diperbandingkan dengan BUMN yang lain termasuk lebih besar. Hal itu dinilai lumrah saja sebab resiko kerja yang harus ditanggung pegawai di perusahaan negara yang mengurusi sektor kelistrikan ini pun cukup besar. Gaji pegawai PLN sendiri salah satunya ditentukan oleh tingkat pendidikan. Pegawai PLN memiliki strata pendidikan mulai dari tingkat SMA hingga lulusan S2. Untuk gaji pegawai PLN lulusan SMA berkisar Rp.2,7 juta sampai Rp.3,3 juta. Sementara untuk lulusan D3 berkisar Rp. 4,7 juta sampai Rp.5,3 juta rupiah. Untuk lulusan S1 bisa mencapai Rp.5,7 juta dan terakhir untuk lulusan S2 paling tidak akan mendapatkan Rp.10 juta per bulan.

Faktor lain yang juga ikut menentukan besar kecilnya gaji pegawai PLN ialah divisi penempatan dan wilayah kerja. Misalnya pegawai yang berada di divisi Quality control untuk lulusan S1 akan mendapatkan gaji sekitar Rp.5 jutaan per bulan yang hampir sama dengan mereka yang berada di divisi legal. Sedangkan untuk para pegawai yang ditempatkan di divisi keuangan akan memperoleh gaji pokok sekitar Rp.5,7 juta plus beberapa bonus lain. Dan kendati menduduki divisi yang sama namun bisa saja gaji yang diperoleh karyawan PLN akan lebih besar dari yang lain disebabkan penempatan wilayah kerja atau area. Untuk para pegawai yang bekerja di luar pulau Jawa biasanya akan memperoleh tunjangan lebih tinggi ketimbang pegawai yang bekerja di Jawa.

Bagi para lulusan S1 fresh graduate yang diterima bekerja dalam program Officer Development Program (ODP) biasanya wajib menjalani training lebih dulu antara 6 bulan hingga setahun sebelum selanjutnya memperoleh gaji kurang lebih Rp.5,7 juta. Sedangkan gaji pegawai PLN yang memiliki jabatan setingkat supervisor biasanya akan mendapatkan gaji pokok antara Rp.12 juta sampai Rp.15 juta per bulan. Selanjutnya untuk tingkatan manajer akan diberikan salary hingga Rp.25 juta per bulannya. Pucuk pimpinan yaitu direktur PLN dapat membawa pulang gaji sekitar Rp.150 juta per bulan plus masih ditambah berbagai uang tunjangan lain.

Bagi para pencari kerja yang berminat untuk bekerja di bidang energi ini bisa mengecek ketersediaan lowongan dengan mengakses website resmi PLN di alamat http://www.pln.co.id/blog/careers-2/. Kendati saat ini jenjang pendidikan yang dipersyaratkan minimal adalah D3 namun bagi para lulusan SMA tetap diberikan kesempatan untuk posisi-posisi tertentu. Untuk tingkat operator lapangan biasanya diambilkan dari pegawai outsourcing yang kebanyakan dari lulusan SMA. Pada saat-saat tertentu PLN akan membuka rekrutmen pegawai dari para lulusan SMA, dan pegawai outsourcing level SMA bisa pula mengikuti tes penerimaan pegawai ini.