Perbedaan Ukuran Kertas A3 dan A4

Pernahkah kita benar-benar memperhatikan lembaran kertas komputer yang dibeli? Dapatkah kita secara langsung memastikan standar kertas yang digunakan memang sudah sesuai dengan font untuk tujuan akademis? Bagi kebanyakan orang, hanya dua ukuran kertas yang benar-benar penting yaitu A4 dan Letter. Kenyataannya ada berbagai ukuran kertas yang berhubungan dengan aktifitas keseharian kita. Dengan mengetahui ukuran kertas yang pas sesuai penggunaan maka akan dapat menghemat waktu dan uang saat mencetak.

1.Standar Internasional Ukuran Kertas

Meskipun standar ukuran kertas ada beberapa macam namun ada dua sistem utama yang digunakan saat ini. Mereka adalah standar ISO (International Standards Organization) dan standar Amerika Utara. Yang pertama, sesuai dengan namanya, standar internasional juga dikenal sebagai standar ISO 216. ISO 216 digunakan di seluruh dunia hingga saat ini. Aturan baku ukuran kertas ini didasarkan pada aspek rasio dari akar kuadrat dari dua, seperti sisi persegi dan diagonalnya. Ide ini awalnya diusulkan oleh ilmuwan Jerman Georg Christoph Lichtenberg pada 1786. Pada tahun 1922, Dr. Walter Porstmann membawa ide-ide Lichtenberg untuk diterapkan di Jerman. Standar baru tersebut dikenal sebagai standar DIN 476. Sistem itu banyak digunakan selama Perang Dunia II. Ukuran kertas ISO yang paling umum digunakan adalah A4. Sementara standar Amerika Utara digunakan terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Ukuran kertas didasarkan pada ukuran tradisional seperti Letter (8.5 in x 11 in) dan Legal (8.5 in x 14 in). Nama-nama ukuran Amerika Utara telah dimulai dengan ANSI sejak adopsi ANSI / ASME Y14.1 oleh American National Standards Institute pada tahun 1995. Meskipun ukuran sekarang dimulai dengan ANSI, mereka tetap didasarkan pada ukuran tradisional.

Karakteristik paling mudah untuk memahami standar kertas ISO adalah bahwa setiap format memiliki aspek rasio sama dengan akar kuadrat dari dua (1: 4142) yang membuatnya mudah untuk memperbesar atau mengurangi dokumen untuk dicetak pada format kertas ISO yang lain. Serangkaian standar ISO yang paling populer adalah seri A. Kertas yang paling banyak digunakan dari seri ini adalah format A4. Semua ukuran kertas dari seri ini memiliki nama yang terdiri dari huruf A diikuti dengan angka. Semakin besar angka itu, semakin kecil kertas. Dasar untuk keseluruhan sistem yaitu format A0 memiliki luas satu meter persegi. Dengan aspek rasio yang sama dengan akar kuadrat dari dua, selembar kertas A0 memiliki ukuran 841 x 1189 milimeter. Menentukan dimensi ukuran kertas berikutnya tidak memerlukan perhitungan matematika yang rumit karena setiap ukuran berikutnya dapat dibuat hanya dengan melipat kertas menjadi dua dengan lipatan lipatan ke sisi terpendek. Jika Anda melakukan ini dengan selembar kertas A0, dimensi yang dihasilkan akan menjadi 594 x 841 milimeter, atau format A1. Perhatikan bahwa tinggi A1 sama dengan lebar A0.

2.Ukuran Kertas A3 dan A4

Membedakan ukuran kertas A3 dan A4 dengan rumus yang sudah dijelaskan di atas akan sangat mudah. Ukuran kertas A3 adalah lebar 297mm dan tinggi 420mm sedangkan ukuran kertas A4 adalah lebar 210mm dan tinggi 297mm. Terlihat bahwa tinggi kertas A4 (297mm) merupakan lebar dari kertas A3. Lebar kertas A4 merupakan setengah dari tinggi kertas A3. Banyak mesin fotokopi memiliki faktor pembesaran preset untuk memperbesar atau mengurangi dokumen yang disalin untuk mencetaknya pada ukuran kertas yang berbeda. Preset ini biasanya berbentuk tombol berlabel A3 → A4 dan seterusnya. Ini akan menghilangkan margin yang terbuang dan tak akan membuat pengguna menebak faktor pembesaran yang tepat, yang dapat menyebabkan tumpukan kertas yang salah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Entri Populer

Top  blogs DMCA.com Protection Status
Back To Top