Cara Cek Faskes Bpjs Melalui Website Resmi Bpjs

Cara cek faskes BPJS - Fasilitas BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang disediakan Pemerintah untuk masyarakat sangat membantu terutama untuk masyarakat yang kurang mampu. Dengan menjadi peserta BPJS kesehatan, masyarakat bisa memperoleh keringanan biaya jika suatu hari membutuhkan perawatan maupun pengobatan. Bagi peserta BPJS yang ingin berobat, harus melalui faskes BPJS terlebih dahulu. Faskes merupakan singkatan dari fasilitas kesehatan, dimana di BPJS ada yang namanya faskes tingkat 1 dan ada juga faskes lanjutan.

Perlu diketahui, yang termasuk ke dalam faskes tingkat 1 antara lain, puskesmas, klinik pratama, praktek dokter, dan beberapa rumah sakit yang tergolong dalam rumah sakit kelas D. Sementara untuk faskes lanjutan terdiri dari Rumah Sakit Umum, Klinik Utama, dan juga Rumah Sakit Khusus. Prosesnya peserta berobat ke faskes tingkat 1 dulu baru dilanjutkan ke faskes lanjutan. Dari faskes tingkat 1 tersebutlah peserta akan mendapatkan rujukan pengobatan.

Cek Faskes BPJS Lebih Mudah
 yang disediakan Pemerintah untuk masyarakat sangat membantu terutama untuk masyarakat yan Cara Cek Faskes Bpjs Melalui Website Resmi Bpjs

BPJS Kesehatan merupakan peralihan dari Jamsostek. Sistem yang digunakan oleh BPJS Kesehatan ini mirip seperti sistem asuransi dimana peserta melakukan pembayaran per bulan sesuai tingkatan yang dipilih. Besar tarif yang dibayarkan peserta berpengaruh terhadap layanan kesehatan yang akan diterima. Fasilitas kesehatan juga disesuaikan dengan setiap kelasnya.

Suatu kelas atau tingkatan tentu tidak bisa begitu saja menikmati faskes yang sama dengan kelas atau tingkatan yang lain. Misalnya untuk BPJS kelas utama, pesertanya bisa meminta rujukan ke instansi kesehatan yang menyediakan pengobatan atau fasilitas yang memadai. Namun perlu diperhatikan juga mengenai keberadaan faskesnya. Karena alasan inilah peserta perlu mengetahui terlebih dahulu alamat faskes BPJS Kesehatan sebelum melakukan pemindahan rujukan.

Cara Cek Faskes BPJS via Online

Cara cek faskes BPJS bisa dilakukan kapan saja dimana saja karena menggunakan sistem online. Anda tinggal mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan untuk mendapatkan semua alamat faskes yang anda butuhkan. Di bawah ini langkah-langkah cek faskes BPJS via online.

1. Pertama anda harus masuk ke browser di perangkat yang anda gunakan. Bisa melalui ponsel atau bisa juga melalui PC maupun laptop.

2. Langkah selanjutnya, masuk ke website resmi BPJS Kesehatan. Ketik alamat website di kolom URL www.bpjs-kesehatan.go.id.

3. Pilih menu layanan > fasilitas kesehatan. Isikan kolom Provinsi dan Kabupaten / Kota sesuai dengan lokasi anda. Misalnya anda tinggal di Surabaya, maka isikan kolom Provinsi dengan Jawa Timur. Sedangkan kabupaten / kota adalah Surabaya.

4. Jika sudah tekan pilihan Tampilkan.

5. Maka pada layar anda akan muncul hasil cek alamat faskes BPJS. Anda bisa memilih faskes yang anda inginkan atau yang terdekat dengan anda.

Bagi anda yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, ada baiknya untuk segera mendaftarkan diri. Fasilitas BPJS Kesehatan yang disediakan Pemerintah akan sangat meringankan beban biaya pengobatan jika suatu saat nanti kita membutuhkan. Dengan membayar iuran per bulan, kita juga bisa berperan membantu pengobatan orang lain yang sedang membutuhkan. Sistemnya sama seperti sistem gotong royong yang saling membantu satu sama lain.

Demikianlah cara cek faskes BPJS dengan mudah melalui website resmi BPJS Kesehatan. Perlu kita ketahui, tidak semua instansi kesehatan bekerja sama atau menerima layanan BPJS Kesehatan. Anda juga bisa meminta rekomendasi atau rujukan dari Dokter yang melakukan penanganan mengenai alamat faskes yang bisa didatangi.