Cara Mengatasi Pencemaran Air Yang Perlu Anda Ketahui

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Mengingat fungsi air yang begitu penting, manusiaharus sadar untuk selalu menjaga kebersihan air agar tidak terjadi pencemaran. Air yang tercemar tentu akan sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Bahkan jika digunakan untuk membersihkan baju atau mencuci piringpun tidak akan memberikan hasil yang bersih. Fungsi air yang sangat penting ini menjadi kunci dari kehidupan manusia. Ketika air yang digunakan berlimpah dan bersih maka masyarakat juga akan lebih terjamin kemakmurannya. Tanpa air, seseorang tidak akan dapat bertahan hidup, tidak akan dapat membersihkan diri, dan tidak akan dapat memasak makanan dengan baik. Jika anda memiliki sumber air yang sering tercemar maka berikut ini adalah beberapa cara mengatasi pencemaran air yang akan sangat baik dilakukan.

Jangan buang sampah sembarangan
 Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia Cara Mengatasi Pencemaran Air Yang Perlu Anda Ketahui

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin mengatasi pencemaran adalah dengan melakukan pencegahan. Anda perlu untuk menghilangkan penyebab dari pencemaran. Sumber air banyak tercemar karena sampah yang dibuang ke sumber air atau aliran air. Siapapun yang senang membuang sampah sembarangan adalah pencemar. Jadi anda yang ingin mengatasi masalah ini harus sadar jika sampah adalah penyebab utamanya. Anda perlu untuk menjaga lingkungan dan mengikuti aturan. Pelajaran membuang sampah ditempatnya sudah diajarkan sejak awal namun banyak dari masyarakat yang tidak memahaminya, cara mengatasi pencemaran air akan berhasil jika masyarakat malu membuang sampah sembarangan.

Buat benteng agar air tetap bersih

Langkah selanjutnya adalah dengan menginspirasi orang lain agar tidak membuang sampah di sungai. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat benteng dan tempat sampah yang besar agar masyarakat memiliki tempat yang bagus untuk membuang sampah. Benteng yang tinggi memang baik dibuat namun benteng terbaik adalah dengan mencontohkan, menasehati, dan juga me,berikan peringatan kepada masyarakat agar selalu ikut serta dalam membersihkan dan menjaga sungai. Air yang bersih akan menjadikan kehidupan masyarakat semakin berkualitas. Cara untuk mengatasi pencemaran air ini sangat penting untuk dilakukan oleh masyarakat.

Melakukan kerja bakti membersihkan sungai atau sumber air

Apabila ternyata air sudah tercemar hal yang harus dilakukan adalah membersihkannya. Air yang sudah kotor biasanya sangat sulit untuk dibersihkan menjadi jernih namun usaha untuk membersihkan lingkungan sungai secara berkala lama kelamaan akan memberikan hasil yang tidak akan mengecewakan. Anda harus bisa mengajak orang-orang melakukan kerja bakti disungai sehingga nantinya air akan dapat kembali jernih. Kebersihan sungai adalah tanggung jawab bersama dan bukan hanya satu lingkungan saja melainkan harus menyadarkan masyarakat dari hulu hingga hilir. Cara mengatasi pencemaran air akan dapat terwujud jika memang ada kesadaran dari seluruh masyarakat.

Tanami pohon yang bisa menetralisir air

Sumber air seperti sungai, kolam, atau bahkan danau bisa tercemar limbah rumah tangga atau bahkan limbah sabun. Untuk mengatasi masalah pencemaran dengan bahan kimia seperti ini, masyarakat perlu untuk memiliki inisiatif agar air dapat dijernihkan sehingga dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan. Anda bisa menanami area sekitar danau atau sungai dengan tanaman yang bagus untuk air seperti bakau, enceng gondok, atau tanaman air lainnya yang memang bermanfaat untuk menjaga kebersihan air. Dengan adanya tanaman yang bagus untuk air, nantinya akan semakin meningkatkan kelestarian lingkungan sehingga ikan juga akan dapat hidup disana. Cara mengatasi masalah pencemaran air sangat bagus dan bermanfaat dalam jangka panjang.

Cara mengatasi pencemaran air sebaiknya anda lakukan agar air bisa didapatkan dengan lebih mudah dan juga lebih jernih. Cara cara tersebut merupakan sebuah upaya yang baik agar air dapat kembali jernih. Berusaha sekuat tenaga untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah kewajiban setiap masyarakat. Anda masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan lingkungan akan menjadi lebih baik namun harus dengan usaha yang sungguh-sungguh.