Kamis, 15 Maret 2018

Gaji Pegawai BUMN Tertinggi untuk S1 Fresh Graduate

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menjadi incaran utama para pencari kerja terutama para lulusan perguruan tinggi. Dengan iming-iming gaji yang tinggi plus aneka fasilitas tunjangan yang lengkap banyak dari para job seeker yang menggantungkan harapan mereka berkarir di perusahaan milik negara. Bukan hanya karena alasan gaji besar, bekerja di perusahaan BUMN memiliki efek tak langsung berupa prestise. Saat ini di masyarakat masih lekat pandangan bahwa bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau pegawai BUMN adalah pilihan bergengsi dibanding bekerja di perusahaan swasta.

Dari ratusan perusahaan berstatus BUMN ternyata hanya ada beberapa saja yang mampu memberikan remunerasi yang cukup layak kepada para pegawainya termasuk yang baru. Pertamina, Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Garuda Indonesia, Brantas Abipraya, Pelindo I, Jasindo, INTI, Jasa Raharja, PLN, Hutama Karya, TPP, Danareksa, Waskita Karya, PAL Indonesia, Telkom, Telkomsel, Telkom Infomedia, Pupuk Indonesia, Citilink, Indofarma, Bulog, PTPN VII, PTPN III, PTPN VIII, Askrindo, ASEI, Pegadaian, WIKA, Adhi Karya, WIKA Realty, Antam, KAI, Taspen, RNI adalah beberapa yang cukup baik dalam sistem gaji dan remunerasi serta jenjang karir.

Sebelum mengajukan lamaran, mungkin ada baiknya anda mengetahui lebih dulu daftar gaji pegawai BUMN tertinggi sehingga nanti tak salah pilih. Tentu jika pertimbangan utama anda berkarir di perusahaan BUMN adalah gaji yang tinggi. Berikut peringkat BUMN yang mampu memberikan gaji tinggi kepada para pegawainya.

1. Pertamina
Semua tentu sudah mahfum jika perusahaan negara yang bergerak di bidang perminyakan dan gas ini sangat memperhatikan kesejahteraan para karyawannya. Gaji adalah salah satu yang dirancang dengan baik sehingga para karyawan akan tetap loyal bekerja di sini. Lihat saja standar gaji untuk karyawan baru lulusan S1 sebesar Rp.8 juta per bulan belum termasuk penghasilan tambahan dan berbagai tunjangan yang bila ditotal bisa membawa pulang hingga Rp.12 juta per bulan.

2. PLN
Perusahaan negara dengan lambang petir ini pun banyak diburu para job seeker karena alasan gaji yang tinggi. Sekedar informasi saja, untuk mereka para lulusan S1 fresh graduate yang diterima di sana bisa membawa pulang sekitar Rp.6 juta hingga Rp.7 juta sebulan. Tentu masih ada tambahan berbagai fasilitas dan tunjangan seperti asuransi, kesehatan, rumah dan sebagainya. Gaji akan lebih tinggi bila penempatan di wilayah Indonesia bagian timur.

3. Pelindo
Adalah BUMN yang mengurusi pelabuhan di Indonesia. Gaji yang akan diterima oleh para lulusan S1 fresh graduate yang diterima di perusahaan plat merah ini berkisar Rp.7 jutaan dan setahun bisa mendapat 24 kali gaji. Masa percobaan sebelum diterima sebagai pegawai tetap selama 1 tahun.