Mengenal Level Jabatan dan Gaji Pegawai Bank Indonesia

Bisa meniti karir di Bank Indonesia tentu menjadi prestasi tersendiri bagi kebanyakan mereka yang baru lulus sekolah. Bank Indonesia adalah bank sentral yang mengatur semua kebijakan keuangan negara Indonesia baik dari sisi makro maupun mikro. Bank Indonesia sendiri terbuka bagi lulusan SMA hingga level S3. Di Bank Indonesia sendiri memiliki 4 jalur penerimaan pegawai tetap yaitu :


1. Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) Bank Indonesia
Adalah rekrutmen pegawai bank Indonesia yang dipersiapkan sebagai kaderisasi pemimpin Bank Indonesia. Program PCPM ini sendiri berupa pendidikan yang akan ditempuh setiap mereka yang diterima selama 3 bulan hingga 1 tahun. Syarat pendidikan untuk masuk ke PCPM adalah S1 dari jurusan Ekonomi, Akuntansi, manajemen dan teknik industri. Saat telah lulus pendidikan dan diangkat maka seluruh peserta PCPM diberikan jabatan sebagai asisten manajer (G3). Untuk diketahui bersama di BI ada 9 level jabatan yang dipakai yaitu : G1 (messenger atau office boy), G2 (Staf), G3 (Asisten Manajer), G4 (Manajer), G5 (Asisten Direktur), G6 (Deputi Direktur), G7 (Direktur), G8 (Direktur Eksekutif) dan G9 (Asisten Dewan Gubernur). Gaji pegawai Bank Indonesia hasil program PCPM ini sekitar Rp.17,72 juta per bulannya. Jumlah itu belum termasuk berbagai tunjangan sesuai ketentuan dari BI.

2. Multi Level Entry (MLE)
Untuk yang ini diambilkan dari mereka yang sudah berpengalaman. Jalur penerimaan MLE Bank Indonesia memerlukan pengalaman kerja setidaknya 1 hingga 3 tahun. Orang dengan pengalaman sebagai ahli di bidang IT dan financial trading adalah bidang yang seringnya dibutuhkan. Untuk MLE ini setelah diterima bisa ditempatkan di level mana saja mulai dari G4 hingga G7. Gaji pegawai bank Indonesia untuk jalur penerimaan lewat MLE ini untuk level G4 atau Manajer sekitar Rp.26,18 juta per bulan dengan masih ditambah tunjangan-tunjangan lain.

3. Pegawai Tata Usaha (PTU)
Syarat pendidikan untuk masuk sebagai pegawai BI ini hanya lulus D3 saja. Bagi mereka yang diterima sebagai PTU BI ini juga akan menjalani pendidikan terlebih dulu seperti juga PCPM. Setelah usai menjalani pendidikan dan diangkat maka level jabatan yang diterima adalah G2. Gaji pegawai Bank Indonesia untuk PTU yang setara G2 sekitar Rp.12,72 juta per bulan plus tunjangan.

4. Kasir
Kasir memiliki tugas mengelola uang masuk dan uang keluar setiap harinya di Bank Indonesia. Untuk posisi ini khusus laki-laki dengan pendidikan minimal SMA. Tugas-tugasnya antara lain menghitung uang dan mengedarkan uang ke seluruh wilayah Indonesia. Kasir di Bank Indonesia memiliki level G2 dengan gaji sekitar Rp.12,72 juta per bulannya.

Berikut adalah daftar terbaru gaji pegawai bank Indonesia mulai dari level staf hingga Gubernur :

- Gubernur BI gaji, Rp.170 juta / bulan
- Deputi Gubernur Senior gaji, Rp.169,44 juta / bulan
- Deputi Gubernur, gaji Rp.123,10 juta / bulan
- Asisten Gubernur, gaji Rp.99,67 juta / bulan
- Direktur Eksekutif/Direktur Senior, gaji Rp.83,06 juta / bulan
- Direktur, gaji Rp.57,68 juta / bulan
- Deputi Direktur, gaji Rp.49,36 juta / bulan
- Asisten Direktur, gaji Rp.32,86 juta / bulan
- Manajer, gaji Rp.26,18 juta / bulan
- Asisten Manajer, gaji Rp.17,72 juta / bulan
- Staf, gaji Rp.12,72 juta / bulan
- Asisten Pelaksana, gaji Rp.6,15 juta / bulan
Labels: gaji pegawai bank Indonesia

Thanks for reading Mengenal Level Jabatan dan Gaji Pegawai Bank Indonesia. Please share...!