Rincian Gaji Pegawai Kereta Api Indonesia

Perusahaan BUMN masih menjadi favorit bagi para pencari kerja baik lulusan SMA maupun universitas. Alasan utama yang biasanya mendasari pilihan ini adalah besarnya gaji dan tingkat kesejahteraan yang diberikan oleh perusahaan milik negara. Dari ratusan BUMN yang ada, PT Kereta Api Indonesia (PT.KAI) masih berada di pilihan atas para pencari kerja ini. Perusahaan plat merah yang mengurusi moda transportasi massal ini setiap tahunnya selalu membuka lowongan pekerjaan bagi para lulusan SMA hingga S1. Gaji pegawai Kereta Api setelah ditangani oleh Ignatius Jonan yang kini menjadi Menteri Perhubungan meningkat sangat tajam.


Gaji pegawai Kereta Api dengan jabatan masinis yang dulunya hanya maksimal Rp.3 juta kini ditingkatkan menjadi maksimal Rp.13 juta per bulan take home pay. Penjaga pintu perlintasan yang dulunya hanya dibayar sekitar Rp.1,2 juta kini bisa mencapai maksimal Rp.6,5 juta per bulan. Gaji pokok pegawai kereta api besarannya dibedakan menurut golongan dan masa kerja. Untuk golongan Ia dengan masa kerja 0 tahun mendapatkan gapok Rp.1.455.000 per bulan. Untuk golongan IIa dengan masa kerja 0 tahun Rp.1.885.000 per bulan, golongan IIIa dengan masa kerja 0 tahun mendapat Rp.2.405.000 per bulan. Terakhir untuk golongan IVa dengan masa kerja 0 tahun gapok-nya mencapai Rp.2.838.000 per bulan. Dengan bertambahnya masa kerja dan meningkatnya golongan maka otomatis gaji pokok pun akan meningkat.

Selain gaji pokok, setiap pegawai kereta api pun mendapatkan berbagai bentuk uang tunjangan. Tunjangan istri dan 2 anak sebesar 10 % gaji pokok. Uang tunjangan emolemen untuk pegawai setingkat SMA sekitar Rp.200 ribu/bulan sementara yang S1 sebesar Rp.600 ribu/bulan. Uang tunjangan perjalanan dinas bagi mereka yang memperoleh tugas akan diberikan sebesar minimal Rp.375 ribu/bulan. Tunjangan resiko khusus masinis Rp.1 juta/ bulan. Tunjangan khusus Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) sebesar Rp.1 juta/bulan. Masih ada lagi berupa tunjangan transport, tunjangan kinerja, uang premi awak KA, tunjangan perumahan dan lainnya.

Informasi terbaru mengenai rekrutmen pegawai di PT. Kereta Api Indonesia bisa dilihat para job seekers di website resminya di https://rekrut.kereta-api.co.id/. Di laman website ini para pencari kerja tak cuma akan memperoleh info terbaru lowongan kerja yang tersedia di perusahaan milik negara ini namun juga informasi lengkap mengenai tatacara melamar dan juga pengumuman mereka-mereka yang lolos tahap seleksi. Sebelum mengirimkan lamaran ke PT. Kereta Api, para peminat harus melakukan registrasi terlebih dulu dengan memilih menu Registrasi Pelamar yang ada di website tersebut. Selanjutnya lakukan login dengan mengisi username dan password yang dimiliki.
Labels: Gaji Pegawai Kereta Api

Thanks for reading Rincian Gaji Pegawai Kereta Api Indonesia. Please share...!