Menghitung Take Home Pay Gaji Pramugari Air Asia

Pramugari adalah salah satu pekerjaan yang sering diinginkan kebanyakan perempuan. Pramugari masih dianggap sebagai jenis pekerjaan yang bergengsi.Terlebih sektor penerbangan komersiil di tanah air makin berkembang. Saat ini berbagai maskapai berusaha memperkuat jumlah armada yang mereka miliki sehingga otomatis memerlukan banyak kru kabin yang diantaranya adalah Flight Attendant (FA) atau pramugari.


Akan tetapi persyaratan untuk jadi seorang pramugari benar-benar tak mudah. Kecuali harus berparas elok dan mengesankan, postur tubuh dan tinggi badan pun menjadi syarat utama di samping pastinya mesti pintar juga. Sesudah memenuhi syarat fisik, para calon pramugari pun harus juga menjalani serangkaian tes yang bisa mencapai 8 tahap. Para kandidat yang lulus tes dan resmi sebagai calon pramugari selanjutnya akan diberikan pelatihan oleh maskapai menurut standar yang ditentukan. Masalah gaji pun jadi magnet tersendiri bagi kebanyakan orang. Gaji pramugari memang lumayan tinggi. Seorang pramugari yang belum lama diangkat saja dapat mengantongi hingga belasan juta setiap bulan.

Namun tiap pekerjaan tentu memiliki resikonya sendiri. Saat kondisi darurat di udara, para pramugari harus selalu tenang. Pramugari pun mesti bisa mengendalikan para penumpang yang panik saat pesawat menghadapi gangguan ketika di angkasa. Di samping itu setiap pramugari pun mesti selalu ramah pada setiap penumpang. Para FA ini harus meladeni kebutuhan penumpang secara sabar dan senyum.

Menjadi pramugari Air Asia mungkin bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan meniti karir di jalur kru kabin ini. Pramugari Air Asia bisa dikenali dengan ciri khasnya seragam setelan merah-merah yang terlihat cantik dan anggun. Maskapai Air Asia adalah Airline yang terkenal dengan tarif murahnya untuk ke lebih dari 100 tujuan di Asia dan Australia. Dengan slogan "Kini Semua Orang Bisa Terbang" Air Asia memulai usahanya di tahun 2001 dengan armada hanya 2 pesawat tua dn berpusat di Malaysia. Kini Air Asia telah diperkuat oleh 150 armada baru dari jenis  Airbus A320.

Para wanita bertalenta yang tertarik menjadi bagian dari perusahaan penerbangan terbaik ini bisa mengecek ketersediaan posisi sebagai Flight Attendant dengan mengunjungi website resmi di http://www.airasia.com/id/id/about-us/careers.page. Proses seleksi pramugari Air Asia seperti juga pada maskapai penerbangan lain, terdiri dari beberapa proses yang cukup ketat. Tugas seorang pramugari yang cukup berat mengharuskan kalangan maskapai hanya memilih mereka-mereka yang memiliki kualifikasi di atas rata-rata.

Berbanding lurus dengan resiko pekerjaan, gaji pramugari Air Asia pun cukup layak jika tak bisa dikatakan "berlebih". Gaji pokok pramugari Air Asia untuk awal-awal berkisar Rp.3 jutaan per bulan. Namun bukan itu saja yang akan diperoleh seorang pramugari Air Asia sebab yang lebih besar malah dari FATA (flight allowance and travel allowance). Seperti adanya uang terbang yang dihitung dalam satuan jam terbang yang besarnya untuk pramugari pemula bisa mencapai Rp.50 ribu/jam. Bisa dihitung jika dalam sehari seorang pramugari bisa menempuh hingga 6 jam terbang. Belum lagi diberikannya uang landing, uang makan, uang RON (Remain over Night) dan uang kerajinan. Gaji pramugari Air Asia junior saja bisa membawa pulang sekitar Rp.8 juta hingga Rp.15 juta per bulannya, apalagi yang sudah senior.


Labels: Gaji Pramugari Air Asia

Thanks for reading Menghitung Take Home Pay Gaji Pramugari Air Asia . Please share...!