Ayo Buka-bukaan Gaji Pilot Citilink

muhammad hakum
Pilot termasuk dalam pekerjaan yang dipandang bergengsi hingga kini. Tak setiap orang memperoleh kesempatan mendapatkan profesi ini sebab membutuhkan kecakapan tertentu. Wajar juga bila gaji pilot demikian besar disesuaikan dengan tingkat keahlian yang dikuasainya. Seorang pilot yang berkarir di maskapai komersial bisa mengantongi pendapatan sampai puluhan juta Rupiah tiap bulannya. Seorang pilot yang baru lulus dari sekolah penerbangan akan mendapatkan lisensi sebagai first officer (FO). FO bisa menerbangkan pesawat dengan ukuran kecil. Ketika mengangkasa seorang FO harus memperoleh pendampingan dari kapten pilot.


Gaji pilot pemula berkisar Rp.15 juta hingga Rp.20 juta setiap bulan. Bertambah lama jam terbang maka seorang pilot akan makin diperhitungkan. Setelah FO maka seseorang akan naik menjadi seorang co-pilot. Seorang co-pilot bertugas mendampingi kapten pilot selama penerbangan. Keahliannya pun mesti seimbang dengan kapten pilot. Gaji co-pilot ini bisa mencapai antara Rp.30 juta sampai Rp.40 juta tiap bulannya. Dan jika seorang co-pilot makin terasah kemampuannya maka naik lah ia menjadi seorang kapten pilot. Tanggung-jawab seorang kapten pilot sangat besar sebab ia harus mampu menggaransi bahwa penerbangan yang dijalankannya bisa berjalan lancar. Seorang kapten pilot pun bertindak sebagai pengambil keputusan di berbagai kondisi penerbangan. Seorang kapten pilot bisa membawa pulang penghasilan mulai Rp.45 juta hingga Rp.47 juta setiap bulannya.

Salah satu maskapai yang menjadi incaran para pilot untuk berkarir adalah Citilink. Maskapai Citilink Indonesia merupakan anak perusahaan maskapai Garuda Indonesia yang resmi berdiri pada tahun 2009 dengan kantor pusat di Sidoarjo Jawa Timur. Citilink diposisikan sebagai maskapai dengan tarif murah yang mampu bersaing dengan maskapai lain di kelas penumpang budget. Saat ini maskapai Citilink memiliki modal hingga 34 unit pesawat terbang jenis Airbus A320 berkapasitas masing-masing untuk 180 kursi. Citilink memberikan pelayanan hingga 42 rute penerbangan dalam negeri dengan 184 frekuensi penerbangan tiap harinya ke 23 kota di seluruh Indonesia.

Saat ini Citilink masih membutuhkan sejumlah pilot baik kapten pilot maupun FO dengan spesifikasi memiliki lisensi menerbangkan pesawat jenis Airbus A320. Lalu berapa sih gaji pilot Citilink ini? Berada satu atap dengan Garuda Indonesia tentu gaji pilot Citilink tak akan terpaut jauh dengan gaji para pilot Garuda. Seperti sudah dijelaskan di atas gaji rata-rata seorang kapten pilot termasuk juga gaji pilot Citilink sekitar Rp.45 juta sampai Rp.47 juta per bulan. Sementara untuk pilot dengan lisensi FO dan sebagai co-pilot bisa mencapai Rp.40 jutaan per bulannya.