Info Terbaru Gaji Pilot Batik Air

Info Terbaru Gaji Pilot Batik Air
Info Terbaru Gaji Pilot Batik Air
Batik Air adalah anak perusahaan dari maskapai Lion Air yang terbang perdana tahun 2013 silam. Maskapai nasional berbasis di kota Manado Sulawesi Utara ini merupakan kompetitor utama maskapai flag carrier Garuda Indonesia dalam hal layanan penuh atau full service. Batik Air unggul dalam menawarkan penggunaan pesawat baru, sistem multimedia untuk tiap seat, bonus makanan dan minuman dan bagasi gratis. Kelebihan yang paling kentara dari Batik Air ini dengan layanan Full Service adalah tarifnya yang lebih murah dibanding Garuda Indonesia.


Maskapai Batik Air di tahun 2013 juga dinobatkan menjadi maskapai paling tepat waktu dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Ketepatan waktu terbang akan berpengaruh secara nyata pada kelancaran pelayanan. Tak cuma untuk Batik Air sendiri, akan tetapi juga nilai plus bagi operator bandara. Batik Air pun didukung oleh armada pesawat yang cukup baru yaitu dari jenis Boeing 737-900ER. Awak pesawat mulai dari pilot hingga pramugari pun disediakan kru yang berpengalaman untuk kepuasan dan kenyamanan setiap penumpangnya.

Ke dalam, manajemen Batik Air pun sangat memperhatikan kesejahteraan para pegawai terutama para kru pesawat. Gaji pilot Batik Air termasuk cukup besar dibanding gaji pilot dari maskapai penerbangan lain yang ada di Indonesia. Profesi seorang pilot memang pantas untuk digaji tinggi sebab tanggung jawab yang harus diembannya pun cukup besar yaitu menjamin keselamatan seluruh penumpang pesawat yang dibawanya. Oleh karena itu profesi pilot harus diambilkan dari mereka yang memang memiliki kompetensi lebih. Selain harus memiliki kecerdasan di atas rata-rata, mereka pun harus memiliki penguasaan emosi yang baik saat berada di udara.

Ada sejumlah variabel yang akan menentukan besarnya gaji seorang pilot diantaranya adalah total jam terbang yang dimilikinya, masa kerja dan maskapai dimana ia bekerja. Bagi lulusan fresh graduate sekolah pilot tentu tak bisa langsung memperoleh gaji tinggi sebab harus melalui beberapa tahap jenjang karir sebagai pilot. Secara umum gaji pilot Batik Air dan juga maskapai lain bisa diklasifikasikan menjadi beberapa level yaitu :

1. Level Second Officer (SO).
Setelah lulus dari pendidikan, pilot di level ini hanya dibolehkan menerbangkan pesawat ukuran kecil dengan didampingi Kapten Pilot. Range gaji level SO ini antara Rp.15 juta hingga Rp.20 juta per bulan.

2. First officer (FO)
Yang populer dengan Co-pilot bertugas mendampingi sang pilot (Captain). Co-pilot harus memiliki kemampuan yang setara dengan pilot sebab ia harus menggantikan posisi Captain saat tak dapat menjalankan pesawat. Range gaji level Co-Pilot antara Rp.30 juta hingga Rp.40 juta per bulannya.

3. Captain atau pilot.
Captain memiliki tugas mengoperasikan dan menerbangkan pesawat. Gaji bulanan untuk level pilot ini berkisar di angka Rp.40 jutaan. Dan khusus untuk gaji pilot Batik Air paling rendah berkisar Rp.45 juta per bulan.
Info Terbaru Gaji Pilot Batik Air Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum