Cek Besaran Gaji Pilot di Indonesia

Cek Besaran Gaji Pilot di Indonesia
Cek Besaran Gaji Pilot di Indonesia
Karena menyangkut nyawa banyak penumpang, profesi sebagai pilot sangat ketat persyaratannya. Secara umum syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah : lulusan SMA dari jurusan IPA, tinggi badan untuk pria minimal 170 cm dan wanita 165 cm, tak berkacamata minus, cakap berbahasa Inggris dan sehat secara jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan medical examination. Salah satu daya tarik profesi ini adalah gaji pilot di Indonesia yang cukup tinggi dibanding gaji profesi lain meski dibanding gaji pilot di luar negeri masih kalah jauh.


Bagi para lulusan SMA yang tertarik berkarir sebagai pilot di maskapai penerbangan komersial yang beroperasi di Indonesia bisa mendaftarkan diri pada sekolah penerbangan baik milik pemerintah maupun milik swasta. Pilihan lain yaitu mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa sekolah penerbang yang diadakan oleh maskapai-maskapai penerbangan.

Untuk sekolah penerbang negeri bisa memilih Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia (STPI) di Tangerang atau Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B) di Banyuwangi. Sedangkan untuk sekolah penerbang swasta beberapa pilihan tersedia baik di dalam negeri maupun di luar negeri misalnya Perkasa Flight School, Eagle Air Indonesia dan sebagainya. Biaya pendidikan sekolah penerbang negeri berkisar Rp.50 juta hingga Rp.80 juta hingga lulus dengan lama pendidikan 18 bulan. Sementara biaya pendidikan di sekolah penerbang swasta akan lebih mahal berkisar Rp.500 juta hingga Rp.600 juta sampai lulus.

Setelah lulus dari sekolah penerbang maka akan mempunyai lisensi PPL (Private Pilot License) yaitu ijin untuk menerbangkan pesawat kecil bermesin tunggal dan tak diijinka membawa penumpang. Pilot dengan lisensi PPL hanya diperbolehkan terbang di siang hari saja. Lisensi PPL ini mensyaratkan setidaknya 60 jam terbang. Lisensi selanjutnya adalah CPL (Commercial Pilot License) yaitu ijin menerbangkan pesawat bermesin tunggal dan juga membawa penumpang. Pilot dengan lisensi CPL bisa melakukan penerbangan komersial tanpa kru misalnya penyemprotan kebun,  penerbangan baliho, pemadaman api, laporan lalu lintas, pesawat sewaan, pemotretan udara dan juga instruktur terbang. Untuk lisensi CPL ini mensyaratkan 200 jam terbang.

Dan agar bisa menerbangkan pesawat komersial di maskapai penerbangan maka seorang pilot harus memiliki lisensi ATPL (Air Transport Pilot License). Pilot dengan lisensi ini bisa menerbangkan pesawat komersial dari airline dengan membawa kru dan penumpang atau cargo. Untuk lisensi ini syaratnya adalah 1500 jam terbang. Selain itu seorang pilot berlisensi ATPL harus memiliki sertifikat rating untuk kualifikasi tertentu misalnya ME (Multi Engine) untuk menerbangkan pesawat mesin ganda, IR (Instrument Rating) untuk menerbangkan pesawat malam hari atau terbang di jalur IFR (Instrument Flight Rule).

Mengenai gaji pilot di Indonesia untuk posisi FO atau First Officer yaitu saat baru lulus dari sekolah penerbangan biasanya berkisar Rp.15 juta hingga Rp.20 juta. Kemudian meningkat menjadi Copilot dengan gaji sekitar Rp.30 juta dan berlanjut menjadi seorang pilot dengan gaji sekitar Rp.30 juta hingga Rp.40 juta per bulan.
Cek Besaran Gaji Pilot di Indonesia Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum