Rabu, 09 Agustus 2017

Cek Gaji Pramugari Lion Air yang Diterima Setiap Bulan

Sekarang ini angkutan udara telah menjadi pilihan populer untuk orang-orang yang hendak pergi ke tempat lain. Di samping lebih cepat dalam mengantarkan penumpang di dalamnya, pesawat terbang pun menyediakan bermacam layanan memikat mulai ketika penumpang memasuki airport sampai layanan ketika mengudara. Membahas layanan peswat terbang pastinya tak dapat dipisahkan dari profesi yang satu ini. Merekalah yang dengan setia melayani para penumpang saat mulai masuk hingga meninggalkan pesawat dan juga bertanggung-jawab pada keselamatan penumpang. Pramugari atau FA (Flight Attendant) merupakan orang yang terakhir keluar dari pesawat.


Mempunyai postur langsing dengan wajah cantik adalah kesan pertama orang yang berprofesi yang satu ini. Ketika penumpang akan masuk kabin, mereka segera memberikan senyuman plus sapaan akrab. Berikutnya mengarahkan penumpang ke kursi mereka dan memastikan barang bawaan telah disimpan dibagasi. Ketika akan take off para pramugari pun akan selalu mengingatkan penumpang agar mereka mengaitkan sabuk pengaman dan menjelaskan tatacara keselamatan udara.

Boleh jadi kebanyakan masyarakat menganggap jika tugas utama pramugari sekedar menyediakan makanan dan minuman bagi penumpang. Nyatanya anggapan tersebut keliru sebab seorang FA memiliki tanggung-jawab besar dalam hal keselamatan dan keamanan penumpang. Misalnya jika mengalami emergency yang memaksa pesawat terbang mendarat darurat maka pramugari harus siap-siap mengevakuasi penumpang semuany dalam waktu cuma 90 detik. Tentu saja tak mudah menggiring keluar ratusan penumpang cuma dalam waktu satu setengah menit saja. Oleh karena itu secara rutin tiap tahun mereka harus berlatih kembali mengulang prosedur keselamatan dan keamanan.

Melihat betapa berat tugas seorang pramugari maka cukup bisa diterima akal jika gaji mereka pun sepadan dengan resiko yang harus dihadapi. Gaji pramugari Lion Air misalnya untuk yang masih junior bisa mencapai Rp.8 juta hingga Rp.15 juta per bulan. Lion Air adalah salah satu Airline besar tanah air yang diperkuat dengan 15 pesawat baru jenis Boeing 737. Melayani rute dalam negeri dan juga luar negeri, Lion Air menawarkan tarif yang cukup bersahabat.

Gaji pokok pramugari Lion Air hampir setara dengan kebanyakan maskapai lokal lain yaitu untuk pramugari fresh graduate sekitar Rp.3 juta sementara senior bisa mencapai Rp.5 juta per bulan. Gaji pramugari Lion Air tak hanya berupa gaji pokok namun juga tunjangan-tunjangan lain diantaranya uang terbang. Uang terbang bagi pramugari junior sekitar Rp.30 ribu hingga Rp.40 ribu per jam. Dalam sehari seorang pramugari bisa mengikuti hingga 6 jam terbang yang artinya sehari ia akan mendapat uang terbang sebesar Rp.240 ribu.

Uang tunjangan lain yang juga akan diberikan adalah : uang makan, uang landing, uang RON (Remain over Night), uang tunjangan jabatan dan uang tunjangan kerajinan. Uang RON adalah uang tambahan yang diberikan saat pramugari melakukan perjalanan bolak-balik. Mereka tak langsung kembali ke rute semula namun menginap dulu di hotel dan juga diberikan uang tambahan tersebut. Uang kerajinan diberikan per bulan jika selama sebulan itu pramugari tak membuat kekeliruan dan juga selalu masuk kerja.