Menelisik Gaji Pilot Indonesia dan Fasilitas yang Didapatkan

Menelisik Gaji Pilot Indonesia dan Fasilitas yang Didapatkan
Menelisik Gaji Pilot Indonesia dan Fasilitas yang Didapatkan
Kebanyakan anak kecil saat ditanya apa cita-cita mereka pasti seringnya menjawab Pilot. Pilot yang menerbangkan pesawat mengangkasa di udara memang sangat membanggakan bagi seorang anak. Dan bukan hanya anak kecil, para pemuda pemudi pun akan bangga dengan pilihan profesi yang satu ini. Saat ini untuk menjadi seorang pilot sudah tak sesulit seperti dahulu. Sekarang sudah banyak sekolah calon penerbang milik swasta yang berdiri untuk mendidik para muda-mudi menjadi pilot.


Tingkatan karir seorang pilot sipil di sebuah maskapai diawali dulu sebagai First Officer (FO) yang mendampingi pilot pesawat kecil. Selanjutnya meningkat menjadi pendamping pilot yang menerbangkan pesawat berbadan besar, masih menjadi FO. Berikutnya memperoleh promosi menjadi Captain untuk pesawat kecil yang berlanjut menjadi Captain untuk pesawat berbadan besar. Teknologi di bidang dirgantara memang sudah demikian majunya sehingga sebuah pesawat udara makin nyaman dan aman saat mengangkasa di ketinggian sana. Teknologi radar, teknologi navigasi satelit dan juga bandara yang makin canggih dengan radar control.

Gaji pilot Indonesia secara rata-rata untuk gaji pokok berkisar antara Rp.40 juta per bulan. Sementara untuk pilot pemula yang baru mengantongi lisensi CPL (Commercial Pilot License) berkisar Rp.20 jutaan per bulan. Misalnya saja gaji pilot Indonesia dari maskapai Garuda, untuk gaji pokok sekitar Rp 47,7 Juta/ bulan. Pendapatan lain yang juga akan didapatkan adalah tunjangan terbang (Flight Allowance) yang dihitung per jam terbang dimana sebulan bisa mencapai Rp.10 Juta dengan total 60 jam terbang. Penghasilan lain misalnya TTT, THR, BIT, Insentif yang besarnya bisa 3,5 kali gaji /tahun atau sekitar Rp.13,9 juta/ bulan. Sehingga gaji pilot Garuda Indonesia per bulannya bisa mengantongi penghasilan sebesar Rp.71 juta. Masih ada lagi benefit non cash yang juga akan diberikan yaitu : Medical Allowance, Personal Accident Assurance, Lost of Flying Licence, Iuran Pensiun, BPJS, Kesehatan Pensiun, Penghargaan Masa Kerja 20 tahun dan Penghargaan Pensiun.

Gaji pilot Indonesia yang bekerja di maskapai Airasia malah lebih fantastis lagi. Gaji pilot Airasia kurang-lebih sekitar RM 12.000 atau berkisar Rp.35,9 juta setiap bulannya. Gaji pilot Airasia pun tidak hanya dari gaji pokok itu sebab mereka pun menerima uang terbang (flight allowance) yang besarnya sekitar RM 195 per jam yang mana seharinya seorang pilot bisa menempuh sampai 6 jam terbang. Setiap hari para pilot tersebut akan memperoleh tambahan RM 1.170 atau sekitar Rp.3,5 juta. Seorang pilot Airasia dalam sebulan bisa mengantongi sampai Rp.86,7 juta. Gaji pilot Indonesia sebesar itu nyatanya masih kalah besar dengan gaji pilot yang bekerja di maskapai asing terutama dari Timur Tengah.

Menelisik Gaji Pilot Indonesia dan Fasilitas yang Didapatkan Rating: 4.5 Posted by: muhammad hakum