Menghitung Besar Gaji Pramugari Per Bulan

Sudah bukan rahasia lagi jika gaji pramugari per bulan bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Namun Anda mungkin pernah mendengar juga bahwa ada segala macam persyaratan ketat untuk menjadi seorang pramugari. Tapi apakah memang begitu maskapai penerbangan komersial ketika merekrut seorang pramugari? Sebuah airlines yang akan merekrut seorang pramugari biasanya memberikan beberapa persyaratan seperti : usia minimum, tinggi badan, armreach, berat badan, kesehatan penglihatan, penampilan, kualitas kepribadian dan juga kemampuan fisik.


Berikut adalah ringkasan dari persyaratan untuk menjadi pramugari :

- Usia minimum 18 sampai 21 tahun tergantung pada maskapai.
- Tinggi minimal 160 cm.
- Berat badan proporsional sesuai perhitungan indeks massa tubuh.
- Armreach mencapai 208 cm.
- Tak berkacamata minus.
- Penampilan bersih, rapi dan konservatif.
- Memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik termasuk dalam bahasa Inggris.
- Mampu bekerja secara profesional, di bawah tekanan, sabar dan fleksibel dan mampu terlibat dengan orang-orang dari semua lapisan masyarakat.

Untuk para remaja putri lulusan SMA atau universitas yang memiliki keinginan kuat untuk meniti karir sebagai pramugari, ada berbagai jalan yang bisa dipilih. Pertama melamar pada saat maskapai penerbangan baik dalam negeri maupun luar negeri membuka lowongan sebagai Flight Attendant. Untuk kesempatan yang satu ini para pelamar tak akan dipungut biaya sedikitpun termasuk selama pendidikan yang bisa berlangsung antara 3 hingga 6 bulan. Setelah lulus pendidikan biasanya langsung teken kontrak sebagai pramugari di maskapai bersangkutan.

Kedua lewat pendidikan calon pramugari yang kini mulai banyak berdiri untuk memenuhi kebutuhan kru penerbangan yang makin meningkat. Untuk pendidikan atau training ini para peserta harus membayar biaya pendidikan yang besarnya bisa mencapai Rp.25 jutaan lebih dengan lama pendidikan selama 6 bulan. Setelah menyelesaikan pendidikan biasanya para lulusannya akan disalurkan ke sejumlah maskapai penerbangan yang sedang membutuhkan posisi pramugari.

Untuk pertama kali berkarir sebagai junior, gaji pramugari per bulan untuk gaji pokok berkisar Rp.3 juta. Kemudian ada lagi uang terbang yang hitungannya adalah per jam mengudara yang besarnya sekitar Rp.40 ribu/jam. Dalam sehari maksimal memiliki 6 jam terbang sehingga seorang pramugari akan mendapatkan uang terbang Rp.240 ribu/hari. Dalam sebulan biasanya bisa melakukan sekitar 24 hari terbang sehingga besarnya uang terbang ini sebulan sekitar Rp.5.760.000. Kemudian ada lagi uang makan, uang landing yang dihitung berdasar banyaknya landing pesawat yang diikuti, uang RON (Remain over Night) yaitu semacam uang tambahan saat menginap di kota tujuan plus menginap di hotel, uang tunjangan jabatan dan uang tunjangan kerajinan (jika dalam sebulan tak terjadi kesalahan dan tidak sakit).

Bila bekerja di maskapai domestik maka gaji pramugari per bulan bisa berkisar Rp.8 juta hingga Rp.15 juta untuk pramugari junior. Sementara gaji pramugari per bulan bila bekerja di airline asing bisa mencapai Rp.20 juta hingga Rp.30 juta. Semakin banyak jam terbang maka semakin besar juga penghasilan yang diterima setiap bulannya.

Labels: gaji pramugari perbulan

Thanks for reading Menghitung Besar Gaji Pramugari Per Bulan. Please share...!